BANDA ACEH, RUBRIKA – Penggalangan dana yang dilakukan Aceh untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina akibat penindasan zionis Israel telah menunjukkan hasil yang positif. Hanya selama dua hari penggalangan, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 324 juta lebih.

Advertisement

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP didampingi Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, Nasir Nurdin selaku pihak yang ditunjuk mengelola rekening penggalangan dana, Jumat, 7 Mei 2021.

Secara terperinci, Ilyas menyebutkan, dana yang masuk ke Rekening Forum PRB Aceh selama dua hari masa penggalangan, yaitu 6-7 Mei 2021 mencapai Rp 324.483.500. Ilyas juga mengatakan, hasil penggalangan itu sudah dilaporkan ke Gubernur Aceh.

Direncanakan, Senin, 10 Mei 2021 atau hari ke-28 Ramadhan 1442 H, semua dana yang terkumpul akan ditarik tunai oleh pihak Forum PRB Aceh yang kemudian bersama-sama dengan Kalak BPBA akan menyerahkan kepada Gubernur Aceh dan selanjutnya oleh Gubernur akan menyerahkan melalui Ketua Umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Wilayah Aceh.

“Pak Gubernur dijadwalkan akan menyerahkan dana itu secepatnya. Mengenai di mana tempat acara penyerahan akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan protokol Gubernur,” kata Ilyas.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, penggalangan dana untuk Palestina dilakukan pasca kunjungan silaturrahmi ulama Palestina, Syeikh Nasheef Nasher dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Meuligoe Gubernur Aceh Selasa, 27 April lalu.

Dalam pertemuan itu, Syeikh Nasheef didampingi Ketua Umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Wilayah Aceh, Afrial Hidayat menjelaskan kondisi terkini rqkyat Palestina yang semakin tertekan di segala bidang akibat blokade berkepanjangan oleh Israel.

Iswanto menjelaskan, berdasarkan pengakuan Syeikh Nasheef, kondisi kehidupan rakyat Palestina kian merosot di tengah pandemi Covid 19.

“Menanggapi kondisi rakyat Palestina yang dilaporkan Syeikh Nasheef, Bapak Gubernur langsung mengajak masyarakat Aceh untuk mendukung Palestina,” ujar Iswanto.

Dukungan tersebut, lanjut Iswanto, diwujudkan Gubernur Nova dengan mengirim surat kepada para Kepala SKPA dan para Kepala Biro Setda Aceh Nomor 451/8572 Tanggal 30 April 2021/18 Ramadhan 1442 Perihal Penggalangan Dana untuk Palestina. Surat itu ditembuskan kepada Wali Nanggroe Aceh, DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati, dan Bupati/Wali Kota se-Aceh.

Dalam surat itu, Gubernur Aceh menggambarkan keadaan Palestina akhir-akhir ini yang sangat memprihatinkan sebagaimana disampaikan oleh Syeikh Nasheef Nasher. Maka, sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian sesama umat Islam—terlebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah—Pemerintah Aceh mengajak semua ASN dan Tenaga Kontrak agar menyumbang dana secara sukarela/seikhlasnya. []

Leave a Reply