Banda Aceh, RUBRIKA — Chef terkenal Indonesia Ari Galih Gumilang yang sekaligus presenter acara kuliner di televisi berbagi resep masakan Korean di acara cooking class PPJI Aceh.

Advertisement

Bertempat di Tambo Cafe, Chef Ari membeberkan rahasia resep masakan Chicken Gochujang dan Beef Bulgogi.

Keduanya adalah masakan asal Korea. Jika Chicken Gochujang adalah masakan olahan daging ayam maka Beef Bulgogi adalah masakan olahan dari bagian daging sapi pilihan.

Ketua PPJI Aceh, Erika Mulyani, SE, Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa PPJI Aceh akan terus melakukan beragam pelatihan terutama terkait kuliner.

“Kita tidak hanya menjaga kuliner tradisional Aceh tapi juga mengasah kemampuan untuk ahli dalam beragam kuliner dunia khususnya yang sedang trend. Dua masakan ini, sedang terkenal. Jika kita terampil maka ini juga menjadi pilihan bagi peningkatan pendapatan rumah tangga,” kata Erika Mulyani, Kamis (8/4).

Menurut Erika, Aceh pada waktunya juga akan mendunia seiring dengan kemajuan Aceh yang sedang terus dicapai. “Jadi, kita perlu mempersiapkan sejak dini untuk menyambut kedatangan warga dari berbagai belahan dunia.

Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai kalangan peminat dan pelaku kuliner itu, Chef Ari Galih berbagi resep kedua masakan Korea, termasuk melakukan demo secara langsung cara mengolah bumbu hingga mengolah daging sambil berdiskusi dengan peserta.

Chef Ari mengingatkan, dibanding dengan masakan nusantara maka masakan Korean tidak terlalu rumit. “Masakan kita jauh lebih susah dan hasilnya juga luar biasa. Tapi untuk kepentingan jualan bolehlah kita belajar agar tidak sampai masuk orang lain untuk menyajikan kuliner dari berbagai dunia. Tapi, kita semua wajib untuk mempertahankan khazanah kuliner nusantara karena memang luar biasa,” kata Ari Galih.

Selama di Aceh, Ari mengaku sudah mencicipi beragam jenis makanan Aceh. “Mulai dari Sie Reuboh sampai dengan Ikan Kayu sudah. Saya juga belajar beragam resep dan ikut membeli beberap resep masakan Aceh,” akunya. []

Leave a Reply