Banda Aceh, RUBRIKA – Pemerintah Aceh telah menerima 14 ribu dosis vaksin Covid-19 dari PT. Biofarma. Vaksin Sinovac dikirim via Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar pada Selasa (5/1/2021) pagi.

Advertisement

“Pada hari Selasa tanggal 05 Januari 2021 pukul 09.00 WIB, Wib telah diterima Vaksin Covid-19 dari PT.Biofarma via Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh. Vaksin Sinovac ini diterima sebanyak 14.000 Dosis terdiri dari 8 box,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif.

Hanif menjelaskan, vaksin dikirim menggunakan cargo pesawat sebelum kemudian dipindahkan ke kedalam mobil freezer khusus untuk mengangkut vaksin. Selanjutnya vaksin dibawa menuju ke gudang vaksin di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Aceh.

“Pukul 09.30 WIB Vaksin Covid-19 tiba di Gudang Farmasi dalam Cold Room tempat penyimpanan Vaksin covid 19 dengan suhu 2 °C s.d 8°C,” kata Hanif.

Penyimpanan vaksin, lanjut Hanif, dilakukan untuk sementara waktu sambil menunggu petunjuk pendistribusian ke 23 Kabupaten/Kota dari Kemenkes.

Lebih lanjut, Hanif menjelaskan alokasi vaksin tahap pertama per kabupaten/kota perkiraan sebanyak 22% dari total sasaran sebanyak 62.255 tenaga kesehatan di Provinsi Aceh. []

Leave a Reply