Blangpidie, RUBRIKA.id – Sebanyak 88 Kepala Keluarga (KK) di Gampong Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa.

Advertisement

Penyerahan BLT tahap ke dua tersebut berlangsung di kantor Keuchik Gampong Kota Bahagia, Rabu (10/6/2020).

“Alhamdulillah BLT dana desa dampak Covid-19 tahap ke dua telah kita salurkan kepada 88 KPM sebesar Rp600 ribu per KK,” ucap Erlis selaku Geuchik Gampong Kuta Bahagia.

Secara keseluruhan, anggaran desa yang diplotkan untuk penyaluran BLT tahap ke dua ini sebesar Rp 158 juta lebih bersumber dari dana desa tahun 2020.

Ia menambahkan, sebanyak 88 KPM penerima BLT itu sudah memenuhi kriteria sebab telah melalui proses pendataan secara selektif bahwa para penerima bukan ASN, bukan penerima bantuan PKH, dan bukan penerima bantuan pangan nontunai (BPNT), serta bukan pegawai BUMN.

“Untuk pendataan berdasarkan musyawarahkan, dan kita verifikasi di tingkat gampong dengan melibatkan perangkat gampong, lembaga tuha peut, tuha lapan, pemuda, dan tokoh masyarakat. Setelah itu data tersebut baru diverifikasi di tingkat kecamatan,” ujar Erlis.

Ia menyebutkan, proses pendataan yang dilakukan melalui masing-masing dusun tersebut guna menghindari terjadinya tumpang tindih penyaluran bantuan.

“Kita di sini ada tiga dusun, jadi yang mengetahui bagaimana kondisi, laik dan tidak laiknya warga menerima BLT ini adalah kepala dusun masing-masing,” imbuhnya.

Selain Kota Bahagia, Gampong Kampung Tengah Kuala Bate Abdya juga menyalurkan BLT DD kepada 114 KPM. Hal itu disampaikan oleh M. Nazari, Keuchik Gampong Kampung Tengah setelah proses penyaluran selesai.

“Ada 114 KK penerima BLT di Kampung Tengah, alhamdulillah sudah selesai kita bagikan,” ucap Nazari.

Ia berharap masyarakat dapat menggunakan bantuan dampak Covid-19 tersebut sebaik mungkin untuk keperluan kehidupan sehari-hari.[]

Leave a Reply