Ketua Forbes DPR RI dan DPD RI, Nasir Djamil/Foto: Gatra

Jakarta, RUBRIKA.id — Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh menyambut baik rencana investasi yang akan dilakukan Uni Emirat Arab di Aceh. Kabar baik ini diharapkan dapat ditindaklanjuti keberannya agar Aceh mempersiapkan semua aspek.

Advertisement

“Agar investasi dari Sultan UEA dapat direalisasikan dalam waktu dekat ini,” kata Ketua Forbes DPR RI dan DPD RI, Nasir Djamil, Rabu, 15 Agustus 2020.

Politisi PKS tersebut berharap Pemerintahan Aceh dapat meyakinkan Sultan UEA bahwa daerah ini adalah salah satu provinsi yang ramah, dan kondusif untuk investasi. Dia mengatakan rencana investasi Sultan UEA tersebut telah menjadi perbincangan melalui grup WhatsApp Pemerintah Aceh dan Forbes.

Plt Gubernur, kata Nasir, bahkan telah menyatakan siap mempresentasikan sejumlah tempat untuk dijadikan lahan investasi Sultan UEA kepada Forbes.

“UEA ingin investasi properti dan lain-lain. Karena itu regulasi, birokrasi, dan ketersedian energi sangat diharapkan kondusif dengan rencana investasi tersebut”, ujar Ketua Forbes.

Forbes berharap Pemerintah Aceh dapat menyiapkan sejumlah lokasi yang nantinya ditawarkan menjadi tempat investasi Sultan UEA. Dia mencontohkan seperti hotel dan resort di Sabang, Banda Aceh, dan Sabang. Lalu Industrial Estate, Pusat Logistik Berikat, Kawasan Industri Aceh di Ladong, Aceh Besar.

Ada lagi KEK Arun Lhokseumawe yang bisa dibangun pabrik apa saja. Agro industri di kawasan Tanah Gayo dan Alas juga dinilai cocok untuk ditawarkan.

“Yang paling penting dalam investasi adalah menghindari dan menjauhi prilaku pemburu rente. Banyak investasi akhirnya gagal karena motif memburu rente lebih dominan ketimbang ingin menumbuhkan pertumbuhan ekonomi di daerah,” tandas Nasir Djamil.[]

Leave a Reply