Abdya, RUBRIKA.id – Polres Aceh Barat Daya menggelar aksi penanaman pohon di komplek Mapolres setempat, Jalan Bukit Barisan, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (14/1/2020). Penanaman pohon ini sebagai tindaklanjut program Polri Peduli Penghijauan yang digagas untuk tahun ini.

Prosesi penanaman pohon tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Abdya, AKBP Moch Basori, SIK. Ikut serta Forkompimda Abdya.

Kapolres Abdya, AKBP Moch Basori, SIK, menyebutkan tujuan gerakan penanaman pohon ini sebagai implementasi dari arahan kebijakan Kapolri tentang dukungan penghijauan terhadap lingkungan.

“Penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dalam rangka mewujudkan Program Kapolri guna mendukung penghijauan,” ujar Kapolres.

“Dengan adanya program penghijauan, udara akan menjadi lebih bersih, karena pohon merupakan penghasil oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas,” lanjut Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengatakan  penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan berbagai bencana alam.

“Salah satu tujuannya untuk mencegah banjir, tanah longsong serta mengurangi polusi yang memberikan efek positif bagai manusi,” katanya.

Polres Abdya akan menanam sebanyak 650 pohon, di antaranya jenis Trembesi 15 batang, Durian 55 batang, Jengkol 135 batang, Pete 70 batang, Nangka 15 batang, Rambutan 90 batang, Kelapa 100 batang, Pinang 140 batang, dan Pohon Pokat 30 batang.[]

Leave a Reply