Blangkejren, RUBRIKA.id — Jalan lintas Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues kondisinya dari tahun ke tahun semakin ada peningkatan

Ka P2K Aceh Teuku Ahmad Dadek menjelaskan untuk Tahun 2019 sebanyak 15 unit jembatan pada ruas jalan batas Aceh Timur Gayo lues selesai dikerjakan.

Untuk Tahun anggaran 2019 sedang dilakukan pembangunan jembatan sejumlah 3 unit hingga fungsional yaitu jembatan pintu rime 18 M, jembatan uring 7.5M dan jembatan pinding tiga 3.5M. “Dengan dibangunnya 3 jembatan tersebut maka ruas jalan Aceh Timur batas Gayo Lues sudah bebas hambatan,” kata Teuku Ahmad Dadek, Rabu (27/11).

Namun begitu disampaikan Dadek, masih ada 10 kilometer ruas jalan yang kondisinya rusak akibat tanah logsor dan akan diperbaiki melalui sumber dana otsus Aceh tahun 2020. “Dengan total anggaran 25 diharapkan pada akhir tahun 2020 ruas jalan perbatasan Aceh Timur Blang Kejere kondisi jalan mantap sepanjang 57 kilometer,“ ujar Dadek.

Ditambahkan, upaya ini dilakukan guna memberi manfaat bagi memudahkan arus transporsi masyarakat dari sejumlah kecamatan dalam Wilayah Aceh Timur dan juga Gayo Lues.

Untuk ruas jalan Perlak Lokop dengan total panjang 175 kilometer, pada tahun 2019 Pemerintah mengalokasikan dana untuk pembangunan ruas jalan Perlak Penaron, Segmen 1 Perlak Lokop 4.5 kilometer dengan nilai kontrak 22.447M kemudian untuk segmen 2 panjang 4 kilometer dengan nilai kontrak 22.609 M. “Untuk menuju mantap jalan perlak lokop ada sekitar 30 kilomer lagi yang belum teraspal dari Lokop hingga perbatasa Gayo Lues,” tutup Dadek. [adv]

Leave a Reply