Banda Aceh, RUBRIKA.id – Muhammad Luthfi, Wakil Ketua Kadin, mengajak Aceh mencermati perkembangan perang dagang dunia agar bisa bisa keluar sebagai pemenang.

Ajakan untuk mencermati apa yang disebut Jebakan Thucydides itu disampaikan saat memberi sambutan di acara pelantikan pengurus Kadin Aceh periode 2019 – 2024 yang berlangsung di Anjong Monmata, Sabtu (14/9) malam.

Menurut Muhammad Luthfi, ada dua hal yang akan mendominasi ekonomi nasional, salah satunya perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Dijelaskan, perang dagang AS dan China konon katanya bagian dari yang disebut jebakan Thucydides.

Istilah yang diperkanalkan oleh Profesor Graham Tillet Allison dari Harvard Kennedy School dalam bukunya Destined for War untuk menjelaskan fenomena tentang kebangkitan suatu negara baru yang mengancam hegemoni penguasa dunia lama. 

Thucydides dalam Sejarah Perang Peloponnesia menandaskan bahwa berkembangnya kekuatan Athena, di mana saat itu Sparta dominan, membuat perang menjadi tidak terelakkan. 

“Dalam 2000 tahun sejak manusia telah terjadi 16 kali pindah kekuasaan, dari kekuasaan lama ke yang baru, 12 diantaranya terjadi dengan perang,” kata M Luthfi dihadapan pengurus Kadin Aceh periode 2019 – 2024.

Dijelaskan juga, dalam 200 (500?) tahun terakhir, terjadi 6 kali pemindahan kekuasaan, 4 kali dengan perang.

Menurutnya, ini bukan yang pertama terjadi, akhir 80 an dan awal 90 an Jepang pernah mencoba mengambil alih kekuatan ekonomi dari Amerika Serikat. Apa yang dilakukan oleh AS? “Persis yang dilakukan AS kepada China saat ini,” urai M Luthfi.

Apa yang bisa dilihat? China, sudah mendeklarasikan bahwa tidak akan terjadi pergantian pemimpin nasional dalam rentang waktu 10 sd 15 tahun akan datang.

Presiden Xi Jinping menyatakan bahwa dia akan menjadi presiden seumur hidup jika dia mau. Artinya apa? Dia akan menunggu supaya Presiden Trump akan berakhir secara demokratis pada 2024.

“Ini penting kita pikirkan sebab Indonesa menjadi silang kepentingan antara China dan Amerika Serikat,” tambahnya.

Dalam pidato kenegaraan, kata Luthfi, Presiden Xi Jinping pada awal tahun ini mengatakan mereka akan membikin Jalur Sutra modern yang akan melibatkan 184 negara.

Dari 184 negara itu ada 6 negara tertentu, termasuk Malaysia dan Indonesia. “Jadi, Aceh berada di tengah-tengah pusaran perubahan tersebut dan penting mengakali agar menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut,” sebutnya. []










Leave a Reply