Bengkulu, RUBRIKA.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dr Taqwallah, M. Kes menerima Pataka dari Gubernur Bengkulu sebagai tanda sahnya Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI tahun 2023.

“Aceh akan menjadi tuan rumah yang baik dan nyaman bagi semua dan untuk itu kita akan mempersiapkan diri dengan baik agar Porwil XI di Aceh nantinya bernilai posiitif bagi semua dan bagi Aceh itu sendiri, “ kata Taqwallah seusai menerima Pataka Tuan Rumah Porwil XI dari Gubernur Bengkulu, Santu (9/11) malam.

Prestasi kontingen Aceh di Porwil Sumatera X di Bengkulu terbilang sukses karena berhasil mengumpulkan 14 emas, 13 perak, dan 10 perunggu. Hasil ini melampaui perolehan medali di Porwil IX Babel tahun 2015, 9 emas, 13 perak dan 14 perunggu.

Tim sepak bola Aceh juga berhasil keluar sebagai juara dan berhak atas medali emas setelah berhasil membobol gawang tim sepak bola tuan rumah Bengkulu di ujung pertandingan.

Sebelumnya, kepastian Aceh menjadi tuan rumah Porwil XI sudah diperoleh pada Kamis (7/11) malam di Bengkulu.

Pemerintah Aceh sendiri juga mendapat undangan untuk menerima Pataka Tuan Rumah Porwil XI 2023. Penyerahan bendera tuan rumah dilakukan malam ini dalam penutupan Porwil X 2019, Sabtu (9/11) malam di Bengkulu.

Sementara itu Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan sangat bersyukur dengan terpilihnya Aceh sebagai tuan rumah Porwil 2023. Nova juga meminta doa seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung Aceh sebagai tuan rumah.

“Kita bersyukur dan mendukung penuh serta memohon doa seluruh rakyat Aceh agar lancar mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah,” ujar Nova, Jumat 8/11 kemarin.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Dedy Yuswadi. Menurutnya, Porwil tahun 2023 juga akan menjadi ajang uji coba kesiapan atlet Aceh menjelang PON 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

“Bahwa kita Pemerintah Aceh sangat mendukung Porwil 2023 dilakukan di Aceh. Kita juga saat ini sedang menyiapkan venue untuk persiapan PON 2024. Tentunya juga ajang Porwil 2023 menjadi ujicoba venue yang kita persiapkan untuk PON 2024,” ujar Dedy. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here