Banda Aceh, RUBRIKA. Id — Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (16/10/2019) menerima Dekan Environment and Life Sciences, Prof. John Kirby dari University of Rhode Island (URI), Amerika Serikat di kediaman rumah Dinas Wakil Gubernur. Ini merupakan lanjutan dari penandatanganan MOU antara URI-Pemerintah Aceh, UNSYIAH & UIN AR-Ranirry pada Oktober 2018, yang didampingi langsung oleh Diana Devi, perwakilan University of Rhode Island untuk Indonesia.

Pertemuan ini dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur, Iskandar, Kepala Dinas Pendidikan, Rachmat Fitri, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Ilyas, Sekretaris BPSDM beserta kepala bidang bapak Husnul MAAP, kepala kantor internasional UNSYIAH, Muzailin Affan dan Qismullah, penasehat rektor UNSYIAH.

Nova Iriansyah dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dekan URI tersebut yang sudah 5 kali mengunjungi Aceh dan serius bekerjasama dengan Pemerintah Aceh khususnya dalam bidang peningkatan SDM. Beliau mendukung penuh program kerjasama URI ini dan meminta kepada UNSYIAH dan BPSDM Aceh untuk menindak lanjuti dan mendukung.

Sejak 2015, URI telah mengirimkan beberapa professor dan menyampaikan kuliah umum di UTU, UNIMAL dan UNSYIAH. Kali ini URI akan bekerjasama degan UNSYIAH dalam program Split Site Joint Master Degree. Dekan John Kirby menyampaukan akan mengirimkan professor lagi ke Aceh pada Januari 2020 untuk melakukan penelitian besama dengan UNSYIAH dan universitas lainnya.

Prof. John Kirby menyampaikan URI adalah universitas negeri dari Amerika, dan merupakan universitas yang sangat komprehensif, dan telah bekerja dengan Indonesia selama hampir 50 tahun untuk membantu program Environmental and Natural Resource Economics, kelautan, perikanan, kebijakan lingkungan, manajemen lingkungan, wisata laut dan juga biologi konservasi. di mana universitas kami adalah salah satu yang terbaik di AS dan dunia. Sejak tahun 1972, University of Rhode Island telah bekerja sama dengan BAPPENAS, KKP, LIPI dan Kementerian Pertanian, serta dengan universitas termasuk IPB, UGM, ITB, USU, Unsyiah, Hasanuddin, Pattimura, Udayana, Cendrawasih, Haluoleo, dan banyak lainnya untuk mendukung prioritas pembangunan pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here