Blangpidie, RUBRIKA.id – Sebanyak 50 siswa Madrasah Aliyah Negeri Blangpidie mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah, Rabu (09 /10/2019) di Musholla Al- Munawarah Komplek Madrasah tersebut.

Menikah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat panjang (termatub dalah fiqih perkawinan), sehingga sangat diperlukan bekal dan ilmu yang cukup untuk menjalaninya.

Kepala Kankemenag Aceh Barat Daya, H. Iqbal , S.Ag, M.Ag dalam pidato pembukan Bimbingan Pra Nikah Usia Remaja ia menyampaikan kepada para peserta agar serius dalam mengikuti acara tersebut agar para siswa mampu memahami makana perkawinan yang sebenarnya.

“Ikutilah bimbingan ini sampai dengan selesai, sehingga melalui bimbingan ini nantinya siswa-siswa semua di harapkan jadi bekal ketika sudah menikah,” ucap Iqbal.

Dia menambahkan angka perceraian saat ini sangat tinggi itu terjadi hanya karena pasangan suami istri kurang memahami makna pekawinan yang sebenarnya.

“Rata-rata alasan percerian pasutri yang terjadi di tengah-tengah masyarakat hanya karena tidak pahamanya fiqih pekawinan.” Ujar Iqbal.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Ustad H. Roni Haldi, Lc kepada awak media menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, dan Keputusan Menag Nomor 3 Tahun 1999 tentang Keluarga Sakinah.

“Kegiatan tersebut jelas atas dasar aturan dan undang-undang yang berlaku, tujuan kegiatan itu juga untuk memwujutkan keluarga sakinah dan bahagia.” Tutup Ustad Roni.

Dalam bimbingan tersebut para peserta disuguhkan beberapa materi oleh pemateri yaitu;
-Mebangun Landasan Keluarga Sakinah, oleh Abuzar, SHI.
-Merencanakan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, oleh H. Roni Haldi, Lc.
-Dinamika Perkawinan, oleh H. Iqbal, S.Ag, M.Ag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here