Banda Aceh, RUBRIKA.id — Andai dua ribu lebih ASN jeda sejenak dan bertanya, mengapa urusan mereka dimudahkan, tanpa pungutan, tanpa berlelah lama, dilayani pula, hingga SK tergenggam ditangan, dan merenungi, keteladanan apa yang diinginkan pimpinan?

“Ini usaha memvibrasikan kinerja ASN agar makin mantap dalam memberi pelayanan publik,” kata Kepala Badan Kepegawaiaj Aceh (BKA) saat tiba di Simeulue, Selasa (1/10).

Sebelumnya, saat menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada 786 ASN di Apel Istimewa, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan sesuai perkembangan zaman.

“Birokrasi Pemerintah Aceh harus mampu menyahuti ekspektasi masyarakat yang tinggi kepada aparatur negara,” ujar Nova Iriansyah di Apel Istimewa, Senin (30/9)

Itu artinya, yang dimaui adalah kinerja ASN Aceh dalam melayani masyarakat, dimaksimalkan. Tidak boleh ada hambatan, menyulit-nyulitkan, apalagi sampai ada pungutan, semua harus semakin mudah.

Sebagaimana diketahui, 2663 Aparatur Sipil Negera (ASN) Pemerintah Aceh sudah memegang Surat Keputusan Pangkat baru TMT 1 Oktober 2019. Diantara 2663 itu, ada 9 orang yang kini menjadi Kepala SKPA, 1 diantaranya adalah Sekretari Daerah (Sekda), dr Taqwallah, M. Kes.

“Terhitung 1 Oktober 2019, dari Simeulue ini, sebelum matahari tenggelam (hari ini), semua sudah ada SK ditangan, tanpa perlu mengurus, juga tanpa biaya, apalagi berlama-lama, ” kata Iskandar, Kepala BKA di Simeulue.

Disampaikan, SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun ASN ada yang diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Aceh, ada juga yang diserahkan Sekda Aceh, beberapa diantaranya diserahkan oleh Ka Disdik Aceh karena Sekda Aceh harus mengikuti Sidang di DPRA.

“Penyerahan juga ikut disaksikan dari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XIII di Banda Aceh, dan khusus di Simeulue langsung diikuti Kepala Kantor Regional BKN Banda Aceh, Makmur, SH, M. Hum.

Di Simeulue sendiri, Sekda Aceh disaksikan Bupati dan Sekda Simeulue menyerahkan 64 SK Kenaikan Pangkat kepada Guru, Tenaga Kesehatan dan lainnya, sekaligus menyampaikan arahan dihadapan 100 lebih ASN di Simeulue.

Dalam arahannya Taqwallah menyatakan bahwa ASN adalah insan pilihan yang melakukan tugas mulia, yaitu memudahkan urusan orang lain.

“Tugas itu harus dijalani dengan sabar, komunikatif dan penuh cita rasa agar sukses,” ajak Sekda Aceh dihadapan Guru, Tenaga Kependidikan, Tenaga Kesehatan Pendidik dan lainnya di sejumlah titik penyerahan SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh juga menggerakkan aksi “BEREH” guna mendukung terbangunnya iklim pelayanan masyarakat yang maksimal.

“Aksi BEREH, yaitu Aksi Bersih, Rapi, Estetik dan Hijau. Sebelumnya, telah dijalankan di seluruh SKPA melalui aksi B. R. I Hijau,” kata Iswanto yang juga mengikuti perjalanan Sekda Aceh di Simeulue.

“Kini diperluas ke kecamatan, mengajak Pak Camat mem-BEREH-kan Kantor Camat, Sekolah, Pukesmas, Polindes, dan juga meunasah-mesjid di gampong droe, dan sepulang dari Simeulue (3/10) ini, langsung digelar pertemuan dengam 289 Camat se Aceh,” kata Iswanto mengutip keterangan dari Sekda Aceh.

Iskandar dari BKA menyatakan langkah pimpinan ini bagian dari menghadirkan vibrasi kinerja ASN untuk perbaikan layanan publik sehingga APBA TA 2020 akan lebih “bereh” capaiannya, tidak hanya cepat pengesahannya tapi juga tepat realisasinya

“Ta peu-bereh pelayanan publik sehingga indeks kepuasaan masyarakat semakin baik, dan tugas pemerintah sebagaimana ada dalam RPJM dapat dicapai,” tutup Iskandar. [adv]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here