Jakarta, RUBRIKA.ID –  Menteri Luar Negeri RI telah menerima kunjungan Menteri Luar Negeri India, Y.M. Dr. Subrahmanyam Jaishankar di Gedung Pancasila. Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi dalam lawatan pertama Menteri Luar Negeri India ke kawasan Asia Tenggara sejak dilantik pada Mei 2019.

“Indonesia dan India adalah sahabat lama dan mitra strategis di kawasan dan global” ungkap Menlu Retno.

Kedua Menlu membahas berbagai upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua khususnya di bidang ekonomi dan maritim. Di bidang ekonomi, kedua Menteri Luar Negeri sepakat untuk meningkatkan upaya bersama dalam mencapai target perdagangan bilateral USD 50 Miliar pada tahun 2025. Hal ini dilakukan melalui upaya untuk membuka lebih lebar akses pasar bagi produk ekspor potensial kedua negara. “Saya angkat secara khusus akses pasar bagi produk minyak sawit dan turunannya serta stainless steel Indonesia” tambah Retno.

Selain itu, keduanya membahas upaya percepatan proses perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership yang akan mendorong perundingan perdagangan di kawasan dan upaya untuk mencounter pendekatan proteksionisme yang dewasa ini semakin marak. “Saya harap perundingan RCEP dapat diselesaikan pada tahun 2019 ini” pungkas Menlu RI.

Sebagai dua negara maritim, Kedua Menlu membahas kerja sama maritim kedua negara. Kedua pihak sepakat menyelenggarakan Pertemuan Joint Task Force antara RI dan India guna menindaklanjuti pengembangan konektivitas dan kerja sama antara Aceh dan Andaman-Nicobar. Selain itu, kedua negara juga berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian batas maritim di Zona Ekonomi Eksklusif kedua negara.

Di bidang kerjasama pertahanan dan keamanan, Indonesia dan India sepakat untuk terus menjajaki kolaborasi kedua negara melalui produksi bersama antara industri pertahanan, seperti yang telah dilakukan PT Pindad dan Tata Motors sebelumnya. Kedua Menteri Luar Negeri juga berharap Dialog Keamanan RI – India ke-2 dapat segera terselenggara guna membahas berbagai aspek kerjasama keamanan kedua negara

“Sebagai dua negara besar di kawasan, kedua negara memiliki kesamaan posisi dalam isu-isu regional dan internasional, salah satunya adalah Indo-Pasifik” jelas Menlu Retno. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Luar Negeri Indonesia menyampaikan apresiasinya atas dukungan India terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific serta konsistensi India dalam mendukung integritas teritorial Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here